banner

banner

Breaking News

Edukasi Sistem Demokrasi, SMAN 5 Kembang Mumpo Seluma Gelar Pemilu OSIS


AWASINEWS.COM, SELUMA --
Edukasi pemilih pemula dalam menyalurkan suara atau hak pilih, dalam pemilihan pesta demokrasi dapat diterapkan sejak dini. Hal ini sangat penting agar hasil demokrasi yang dilaksanakan mampu melahirkan pemimpin yang berkualitas.

Sebuah inovasi yang mengadopsi sistem Pemilu, berhasil diterapkan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kembang Mumpo Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu dalam pemilihan Ketua OSIS baru- ini.

Kepala Sekolah SMAN 5 Kembang Mumpo Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, Dheka Hellyan Saputra, M.Pd, didampingi Wakil Kesiswaan Agus, menjelaskan bahwa pemilihan Ketua OSIS berbasis sistem Pemilu adalah wadah edukasi bagi para siswa yang notabene masuk dalam kelompok pemilih pemula dengan batas usia minimal 17 tahun keatas.

"Jadi kami para guru bersama kepanitiaan pemilihan Ketua OSIS ini, ingin memberikan gambaran nyata, bahwa pesta demokrasi dalam sebuah pemilihan itu bersifat langsung, bebas, umum dan rahasia sangat penting. Tujuannya, agar sosok pemimpin yang dihasilkan betul-betul sesuai hati nurani tanpa ada paksaan atau bujuk rayu. Dan Alhamdulillah, hari ini pemilihannya berjalan sesuai harapan dan lancar," tegasnya.

Dia juga menekankan kepada para calon dan pemilik hak suara bahwa proses pemilihan adalah ajang pembelajaran kedewasaan dalam berpolitik yang santun dan tertib tanpa ada cara-cara yang tidak baik. 

"Mereka yang kalah tetap harus bijak mampu iklas menerima hasil yang diperoleh dan mendukung calon terpilih agar program yang disampaikan dalam visi misi saat kampanye bisa direalisasikan secara maksimal," pesannya.

Dalam proses pemilihan Ketua OSIS SMAN 5 Kembang Mumpo terdapat 4 pasangan calon dan akhirnya pasangan calon Dimas dan Adrian berhasil meraih suara terbanyak dan berhak memimpin OSIS Periode 2022-2023 mendatang.(red)

Tidak ada komentar