banner

banner

Breaking News

Ternyata Krisdayanti Doyan Makan Emping Melinjo Khas Enggano

AWASINEWS.COM, BENGKULU -- Sang Diva Krisdayanti ternyata sangat menggemari salah satu makanan khas Emping Pulau Enggano Provinsi Bengkulu.

Hal itu diungkapkannya saat menyapa warga Bengkulu diakun media sosial anggota DPR RI Dapil Bengkulu Hj. Dewi Coryati seusai rapat di gedung DPR RI.

Video unggahan @Dewi Coryati, pada Minggu (9/10/2022) itu dengan caption "Warga Bengkulu dapat salam dari Mba KD, ternyata sang diva suka emping loh!," tulisnya.

Dalam video berdurasi 21 detik itu sang Diva menyapa warga Bengkulu dan meminta agar dikirimkan emping Pulau Enggano Bengkulu yang sangat digemarinya.

"Semua yang ada di Bengkulu sehat sukses. Sama-sama buk dewan kita (Dewi Coryati)," katanya.

"Eh mau emping, emping, emping kirim-kirim," lanjut mantan istri Anang Hermansyah itu.

Dikutip dari Kompasiana.com, Pulau Enggano sebagai salah satu pulai terdepan di Indonesia memiliki sumber kekayaan alam yakni melinjo (Gnetum gnemon) yang melimpah.  Hampir setiap rumah penduduk di Enggano memiliki pohon melinjo. 

Kaum perempuan, sudah pasti tahu bagaimana mengolah biji melinjo sebagai emping yang kadang membuat terlena bagi yang memakannya Secara botani, melinjo termasuk gymnospermae (yunani gymnos-telanjang, dan spermae-biji) atau tumbuhan berbiji terbuka. Sepintas, yang dikatakan buah sebenarnya adalah biji yang dibungkus oleh kulit biji.

Di dunia ada 7 tumbuhan gymnospermae dan 3 di antaranya sudah punah yakni: Bennetophyta, Cordaitophyta, Pteridospermophyta, sedang 3 sisanya masih ada saat ini yakni: Pinophyta, Ginkgophyta, Cycadophyta, Gnetophyta. Melinjo termasuk dalam divisi Gnetophyta. Sebagai tumbuhan purba yang masih ada sampai saat ini, melinjo memiliki beragam manfaat.(red)


Tidak ada komentar