banner

banner

Breaking News

Juara 1, Pasar Baru Terbersih Se- Kota Bengkulu


AWASINEWS.COM, BENGKULU - 
Belajar memaknai tentang berjuang, Terkadang berjuang tidak mesti berisik, Untuk didengar tidak kemudian mesti berteriak. Berjuang dengan elegan, diam, senyap dan tenang tentu akan lebih dahsyat. Setidaknya itulah penggalan kalimat motivasi sekaligus inspirasi atas hasil luar biasa Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu meraih juara 1 Lomba Merdeka Sampah.

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, yang didampingi Wakil Walikota Dr. Dedy Wahyudi, Sekdakota Ir. Arif Gunadi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Riduan, secara simbolis menyerahkan hadiah uang tunai sebesar Rp 20 juta kepada Kelurahan Pasar Baru plus bonus 1 unik kulkas, 1 unit kompor gas, dan 1 set tong sampah pintar yang disaksikan ribuan masyarakat Bengkulu, yang dipusatkan di Berendo, Senin malam (18/12/2022).

Kepala Kelurahan Pasar Baru Anshar Amin, S.Tp, usai penerimaan hadiah mengaku hadia juara 1 ini sangat diluar dugaan. Pasalnya banyak Kelurahan yang jauh lebih baik dan bagus dalam tata kelola merdeka sampah. Namun berkat kekompakkan semua pihak mulai dari RT, RW, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Pasar Baru yang selalu rutin dan proaktif dalam kegiatan merdeka sampah. Akhirnya membawa nama Kelurahan Pasar Baru naik podium.

"Tentu keberkahan dan kebaikan ini tidak lepas dari dukungan buk Camat Kelurahan Teluk Segara yang tidak kenal lelah dalam membina dan ikut mendampingi kami selama program ini. Tentu ini akan menjadi motivasi kami untuk tetap konsisten menjaga kebersihan. Apalagi dengan label sebagai Kelurahan terbersih maka kami wajib mempertahankannya," singkatnya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu mengumumkan pemenang lomba gerakan merdeka sampah Bengkulu Bersih Indah, Sejuk dan Aman (BISA) antar kelurahan tahun 2022. Berdasarkan keputusan, kelurahan yang menjadi pemenang ialah Kelurahan Pasar Baru (juara 1), Sumber Jaya (juara 2), Cempaka Permai (juara 3), Bumi Ayu (harapan 1), Sukarami (harapan 2), Tanah Patah (harapan 3), Jembatan Kecil (harapan 4), Pengantungan (harapan 5). Sementara itu, kelurahan terkotor yakni Beringin Raya, Muara Dua, Pagar Dewa.

Puluhan juta rupiah diberikan kepada kelurahan yang menjadi pemenang. Ada juga hadiah berupa barang seperti lemari es, kotak sampah dan lainnya yang bersumber dari partisipasi berbagai stakeholder. Dengan pengumuman ini, setiap kelurahan diminta terus menggeliatkan tradisi gotong royong di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini dilakukan agar tumbuh rasa memiliki dan tanggung jawab warga sekitar terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya.

Riduan berharap gerakan merdeka sampah BISA tetap hidup meski lomba antar kelurahab telah usai. Dengan harapan seluruh masyarakat wajib menjaga dan melestarikan lingkungannya agar bebas dari sampah. “Kita pemilik sah Kota Bengkulu ini, mari kita jadikan kota ini bersih dan sejuk. Jadi saat ada sampah yang berserakan kita harus merasa risih dan jadikan merdeka sampah ini menjadi gerakan sebagai awal lahirnya rasa cinta dengan kota ini,” ujar Riduan, Senin (19/12/2022). Karena sejatinya, persoalan sampah ini tak bisa diselesaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pemkot saja. Maka dari itu, seluruh masyarakat harus berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungannya.(Reporter : Hartiwi / Editor : Dian Marfani)

Tidak ada komentar