banner

banner

Breaking News

Wagub Hadiri Tradisi Kenduri Pantai Pasar Ipuh


REALITAPOST.COM, BENGKULU --
Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah hadir dalam ritual Minta Doa Pasi atau Kenduri Pantai di Pantai Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh, kabupaten Mukomuko pada Rabu 5/10/2022.

Ritual adat ini digelar guna menolak segala macam bahaya yang datangnya dari laut, seperti gempa dan tsunami. Selain itu memohon agar diberikan rezeki yang melimpah seperti ikan dan hasil laut lainnya bagi nelayan.

"Saya merasa bangga dapat menghadiri acara tradisi Kenduri Pantai ini. Kegiatan kenduri ini sebagai ungkapan rasa syukur kita semua kepada Allah SWT yang sudah memberi rizki dari hasil laut yang melimpah," ungkap Rosjonsyah.

Menurut Rosjonsyah tradisi ini bisa menjadi daya tarik tersendiri karena ada nilai jual yang bisa dipromosikan sekaligus sebagai bahan edukasi seni tradisi yang ada.

"Semoga tradisi ini terus terjaga dan makin meningkatkan kesejahteraan nelayan yang ada di pasar Ipuh ini."

"Saya juga berharap pemerintah kabupaten bisa mendukung penuh kegiatan ini, sebagai tradisi dan kearifan lokal. Ini juga bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar daerah," tutup Rosjonsyah.

Diketahui ada beberapa kesepakatan yang dijalankan dalam acara Kenduri Pantai ini. Salah satunya, selama 3 hari ke depan baik masyarakat ataupun nelayan tidak diperbolehkan beraktivitas di pantai.(red)

Tidak ada komentar