banner

banner

Breaking News

Warga Pasar Baru Antusias Hadirnya Bank Sampah


AWASINEWS.COM, BENGKULU -
Warga Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu merasa antusias dengan hadirnya program Bank Sampah yang telah disepakati bersama dalam rapat bersama Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Pemerintah Kelurahan dan perangkatnya.

Hal itu tercermin dalam kegiatan rapat yang baru-baru ini dilaksanakan dan para peserta dari berbagai elemen yang hadir menyatakan siap menyukseskan program Bank Sampah sebagai upaya menuju Kota Bengkulu Merdeka Sampah.

Ketua Adat, Muslim dalam pernyataannya menyatakan siap mendukung dan menyukseskan program Bank Sampah Kelurahan Pasar Baru yang sejatinya memang sudah ada beberapa warga yang melakukan hal tersebut. Namun dengan adanya sentuhan dari pihak LPM sebagaimana diamanatkan dalam Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang sampah maka kian memantapkan langkah dan lebih terorganisir.

"Selain ada warga yang menjadi pengepul juga warga kita ada yang menjadi penggiat pengelolaan sampah organik melalui limbah sampah rumah tangga. Ini saya rasa menjadi kolaborasi yang baik dalam penerapan sistem Bank Sampah berbasis pengelolaan yang berkelanjutan dan berkesinambungan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPM Pasar Baru, Dian Marfani yang akrab disapa Damar, menyatakan telah menyiapkan beberapa langkah strategis, mulai dari penempatan lokasi Bank Sampah, petugas sampah dan pengelolaan administrasi pelaporan dari setiap iuaran sampah rumah tangga yang dihimpun.

"Ini tentunya manjadi tantangan bersama. Alhamdulillah semua pihak merespon positif dan secepatnya kita laksanakan sehingga Program Merdeka Sampah dari Pemda Kota Bengkulu bisa benar-benar terwujud sehingga lingkungan menjadi bersih dan indah," ujarnya.(Red) 

Tidak ada komentar