banner

banner

Breaking News

Pemkab Mukomuko Ikuti Upacara Virtual Hari Anti Korupsi

Awasinews.com, Mukomuko - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Drs. Marjohan mengikuti kegiatan Hari Anti Korupsi se Dunia tahun 2021. Momentum kali ini mengusung tema “Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi”, melalui zoom meeting di ruang Mediacenter Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Kamis (9/12).

Melalui tema tersebut, diharapkan seluruh pihak bersama-sama memperkuat sinergi dan berkolaborasi, baik itu kementerian/lembaga, pemerintah daerah, sektor usaha, serta organisasi masyarakat, untuk memberantas korupsi melalui perannya masing-masing. Agenda ini dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dan dibuka secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

"korupsi merupakan extraordinary crime yang mempunyai dampak negatif luar biasa, Maka pemberantasan korupsi harus ditangani secara luar biasa," sampainya. 

Beliau menuturkan, jumlah kasus korupsi termasuk luar biasa pada periode Januari sampai November 2021 yang ditangani aparat penegak hukum. Hingga saat ini Polri telah melakukan penyidikan 1.032 perkara korupsi. 

"Pada periode yang sama Kejaksaan juga telah melakukan penyidikan sebanyak 1.486 perkara korupsi. Demikian juga KPK yang telah menangani banyak korupsi," sampainya

Menurutnya, beberapa kasus korupsi besar juga berhasil ditangani secara serius. Dalam kasus Jiwasraya, para terpidana telah dieksekusi oleh Kejaksaan dan dua di antaranya divonis penjara seumur hidup.

Jokowi mengatakan peringatan Hakordia 2021 ini sekaligus untuk memperluas keterlibatan masyarakat dalam mengimplementasikan nilai dan melakukan pemberantasan korupsi.(red)

Tidak ada komentar