banner

banner

Breaking News

Penutupan Tabut Jadi Lautan Manusia

AwasiNews.com - Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan penutupan Festival tabot Bengkulu yang dirangkai dengan ritual tabut "besanding" di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu,Senin (9/9/2019).

Festival Tabut secara resmi ditutup Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang diwakili Sekda Provinsi Bengkulu Novian Andusti dan ditandai dengan pemukulan alat musik Dol. Sejak dibuka hingga penutupan malam ini, rangkaian festival Tabot berlangsung meriah dan sukses sesuai harapan.

Dalam Sambutnya Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengapresiasi atas  Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan yang mampu menyelenggarakan festival tabot dengan sukses dan meriah. Pujian juga dilayangkan Gubernur kepada Keluarga Kerukunan Tabot (KKT) yang mampu bekerjasama dengan Pemerintah.

"Apresiasi atas kerja Dinas  Pariwisata provinsi Bengkulu,Dinas kominfotik Provinsi Bengkulu,Keluarga kerukunan Tabot yang dapat membuat festival Tabot sukses dan berhasil,” katanya.

Penutupan festival Tabot tahun 2019 ini juga dihadiri oleh Delegrasi Irak, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu,Ketua KKK,Rektor  Muhamdiyah Seprovinsi Bengkulu,Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu,dan seluruh Dinas Terkait serta Tamu undangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata  Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan mengapresiasi dukungan masyarakat Provinsi Bengkulu membuat rangakaian acara berjalan tertib dan lamcar. Hal ini, dinilai  sebagai bentuk dari pengembangan budaya daerah Bengkulu itu sendiri.

“Festival tabut dulu hanya ritual sekarang diisi dengan berbagai kegiatan kebudayaan. Ini menunjukan masyarakat dan pemerintah bukan sekedar menjaga budaya itu tapi mengembangkannya dan pada akhirnya memanfaatkannya,” jelasnya.

Pada malam penutupan ini juga diumumkan pemenang dari perlombaan yang digelar selama festival Tabut Nama-nama pemenang diumumkan langsung pada malam ini," jelasnya.

Berikut ini daftar pemenang lomba festival tabut 2019 antara lain:

-Dol Terbaik
-Tari Kreasi :Salsabilah
-Ikan Mandarin
-Seni dari 10 Kabupaten Kota:
Dari kabupaten Mukomuko
-Telong-telong dari Kelurahan Sumur Meleleh
-Stand Terbaik:Dari Disprindag Kabupaten Bengkulu Tengah,BKKN Provinsi Bengkulu,Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Dan juga memberikan Penghargaan enam Negara Sahabat:

1.Malaysia
2.Jepang
3,Tanzania
4.India
5.Iran
6.Jerman

(Ambo)

Tidak ada komentar