banner

banner

Breaking News

Syofyan Akmal Dorong Pelaku UMKM Manfaati e-commerce



BENGKULU - Kemajuan teknologi yang kian hari semakin canggih menuntut semua orang untuk mampu mengikuti kemajuan tersebut. Bila tidak maka siap-siap saja menjadi orang yang akan ditinggalkan. Terkhusus para pelaku Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu menyebutkan ada sekitar 144.000 penggiat UMKM dan separuhnya berada di Kota Bengkulu. Sedangkan sisanya tersebar di sembilan Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Melihat sebaran penggiat UMKM maka tidak cukup dengan memberikan kualitas produk yang dihasilkan semata. Sistem penjualan harus menjadi perhatian serius bagi penggiat.

Pengusaha sekaligus Owners El-John ternama di Kota Bengkulu, Syofyan Aklam angkat bicara terhadap banyaknya penggiat UMKM di Kota Bengkulu. Namun pertumbuhan itu harus mampu dibarengi dengan peningkatan kemampuan menguasai kemajuan teknologi sehingga produk yang dihasilkan mampu dipasar secara luas.

"Jadi mindset-nya tidak lagi berjualan di pasar lokal melainkan go luar Bengkulu. Caranya..! Ya tentu dengan memanfaati kemajuan teknologi dengan berjualan berbasis e-commerce atau memanfaatkan perdagangan elektronik. Bahasa kerennya berjualan online. Maka ini menjadi peluang emas bagi pelaku UMKM kita di Kota Bengkulu," tutur Syofyan Akmal, Caleg DPRD Nomor Urut 2 Partai Demokrat Dapil 3 Kota Bengkulu.

Sejauh ini jumlah penggiat UMKM yang bisa menjalani sistem e-commerce masih diangka 25 hingga 30 persen. Artinya masih banyak penggiat yang belum memanfaati sistem tersebut. Untuk itu, pria yang akrab disapa, Yan ini mengharapakan penggiat UMKM di Kota Bengkulu memaksimal sistem e commerce tersebut."Kalau tidak sekarang kapan lagi. Zaman sudah canggih, untuk jaringan di Kota Bengkulu nyaris tidak ada kendala sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak memasarkan produk melalui sistem e commerce," pintanya.(bro) 

Tidak ada komentar