banner

banner

Breaking News

DPRKP BU Fokuskan Rehabilitasi RLTH Pulau Enggano

AwasiNews.com, BU - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara saat ini masih melanjutkan program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang difokuskan pada masyarakat Pulau Enggano.

Bupati BU, Ir. H. Mian melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman (DPRKP) Bengkulu Utara, Supadi, SIP, kepada wartawan ini, Kamis (05/03/2020), menjelaskan bahwa program RTLH tahun 2019 silam Bengkulu Utara berhasil mendapatkan dana DAK untuk masyarakat Pulau Enggano sebanyak 130 unit dan dari dana APBN Kabupaten Bengkulu Utara mendapat 426 unit.

"Nah untuk tahun 2020 dari dana DAK untuk Enggano 143 unit dan dari dana APBN 320 unit serta dari APBD 50 unit untuk pelaksanaan masih dalam proses," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya program rehabilitasi RTLH dari Bupati Ir. H. Mian, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tidak mampu.

Sementara itu, pada tahun anggaran 2020 Pemkab Bengkulu Utara kembali mendapatkan dana Rp 2 miliar untuk membangun septic tank gratis di 8 desa. Sebelumnya diusulkan 18 desa namun alokasi anggaran yang tidak mencukupi.

"Di setiap desa akan dipilih sebanyak minimal 50 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan program tersebut. Total unitnya tidak jauh berbeda dengan tahun 2019 ini. Ya sekitar 500 sampai 520 unit,” ujarnya.

Pihaknya akan kembali melakukan verifikasi terhadap 18 desa yang sudah menjadi data awal penerima program septic tank gratis tersebut. Untuk memastikan agar program tersebut tepat sasaran dan tepat guna.

“18 desa itu sebenarnya awalnya layak semua mendapatkan program bantuan itu. Namun karena anggaran yang kita terima tidak sesuai ekspektasi. Jadi ya harus kita verifikasi lagi mana yang lebih layak dan membutuhkan,” sampainya.

Untuk anggaran per unit pembangunan septic tank, yakni sebesar 3 juta rupiah. Dimana dana tersebut akan diberikan langsung kepada kelompok desa, dan dikerjakan secara swakelola oleh penerima program manfaat ini sendiri.(Adv)

Tidak ada komentar